Basic Java ME (Java Mobile Edition)


Sekilas Java ME

Dipetik dari situs resmi Oracle, Java ME (Java Mobile Edition yang dulu lebih dikenal dengan sebutan J2ME) merupakan kumpulan kelas dan library Java yang digunakan untuk pengambangan aplikasi pada Mobile device.
Library-library ini memungkinkan developer menggunakan sumber daya Mobile device yang terisi Java Environtment pada aplikasi nya yang tentunya sangat berbeda dengan perangkat lain. Mobile device memiliki sumber daya yang sangat terbatas seperti kecepatan processor, memory, media penyimpanan, interface networking dsb. Java ME memungkinkan developer menggunakan sumberdaya tersebut lebih mudah dalam aplikasinya.


Hal Dasar yang Dibutuhkan dalam Pengembangan Aplikasi Java ME

Hal yang dibutuhkan dalam pengembangan aplikasi Java ME:
1. Java SE Development Kit 1.5 ke atas
2. Java ME SDK, versi terbaru 3.0.5
3. Text Editor, bisa Notepad++, Netbeans, dll


Starting Develop first Java ME application

1. Prepare compiler untuk compile code

Pastikan compiler java di komputer sudah bekerja dengan benar dengan memasang path library java SDK pada Environment Variable. Cara pengecekan dengan mengetik perintah  java  pada command prompt. Pada konfigurasi yang benar akan muncul option parameter untuk perintah java pada command promt. seperti gambar:




Langkah ini dapat digantikan jika anda menggunakan path JDK yang benar.

2. Membuat Project pada Java Mobile

run Wireless Toolkit yang telah terinstal, klik file -> New Project



isi Project name dan MIDlet class name. Jika menggunakan sample code pada blog ini, maka ini harus berisi MIDletAPP. Perlu diperhatikan penamaan file ini Case Sensitif.

Kemudian pilih target platform dengan JTWI untuk mendevelop aplikasi dengan teknologi terkini. Penjelasan tentang JTWI dapat di baca lebih lanjut pada: http://java.sun.com/products/jtwi/
Centang CLDC 1.1



Klik Ok.

Setelah semua nya selesai, maka WTK akan membuat struktur folder yang akan digunakan untuk mengkompile aplikasi yang telah anda buat pada

C:\Users\USER\j2mewtk\2.5.2\apps\MIDLetPertama\

Pada folder src, anda perlu membuat file Main class (dalam contoh ini menggunakan MIDletAPP.java). File-file di dalam folder src akan dicompile saat anda memberi perintah Build/ Run.




3. Main Class Java Mobile Edition

Applikasi Java Mobile Edition merupakan sebuah instance dari kelas MIDlet. Sedangkan kelas MIDlet tersebut adalah kelas Abtract yang harus diturunkan ke sebuah kelas lain (kelas utama aplikasi yang kita buat) dengan meng-overide 3 method abstract kelas Midlet :
  • startApp() -> method yang akan dipanggil ketika aplikasi dijalankan pertama kali atau setelah ter-suspend.
  • pauseApp() -> method yang akan dipanggil ketika aplikasi dihentikan misalnya karena interrupt Phone call, Aplikasi Minimized. dll.
  • destroyApp(boolean unconditional) -> method yang dipanggil untuk menghentikan applikasi.

Berikut sample code:


import javax.microedition.midlet.MIDlet;


public class MIDletAPP extends MIDlet
{
   
    public MIDletAPP ()
    {
    }
   
    public void startApp()
    {
    }
   
    public void pauseApp()
    {
    }
   
    public void destroyApp(boolean unconditional)
    {
    }
   
}

Pastikan nama file kelas utama sama dengan nama kelas. Dalam contoh code di atas, code tersebut harus di simpan dalam file MIDletAPP.java

4. User Input Output

Aplikasi J2ME sudah jadi, tetapi belum memiliki fungsi input maupun output.Untuk menghandle Input output menggunakan kelas Canvas, Graphics, Display yang akan dibahas pada bab Java ME User input Output Handling.