Java ME User input Output Handling

Kelas Kelas yang berhubungan dengan User Input Output Java ME

1. Kelas Display

Kelas ini digunakan untuk menentukan di Aplikasi mana kelas Displayable akan di gambar. Dua method utama yang digunakan untuk menghandle user input output dari kelas ini adalah:

getDisplay(MIDlet m)
setCurrent(Displayable nextDisplayable)


getDisplay(MIDlet m) digunakan untuk mendapatkan kelas midlet yang akan digunakan untuk menggambar kelas Displayable misalnya Canvas.

Sedangkan setCurrent(Displayable nextDisplayable) digunakan untuk menentukan kelas Displayable mana yang akan ditampilkan pada layar.

Kelas Displayable yang paling umum digunakan adalah kelas Canvas.


2. Kelas Canvas

Kelas Canvas merupakan sebuah kelas turunan (inheritance ) dari Kelas Displayable. Kelas canvas digunakan untuk menampilkan method-method yang dipangil pada kelas Graphics misalnya:

drawLine(x, y, x+w, y);
fillRect(x, y, w, h); // 1
drawRect(x, y, w, h); // 2
drawString(String str, int x, int y, int anchor)
drawImage(Image img, int x, int y, int anchor)


Method yang lebih lengkap dapat dilihat di Doc Java ME.

Beberapa method akan dijabarkan dan digunakan pada bab berikut nya,


Kelas Canvas juga merupakan kelas abstract. Kelas Abstract adalah kelas yang memiliki method virtual/ abstract yang akan dibahas pada bab Object Oriented Programming. Kelas ini harus diturunkan pada kelas lain dengan meng-overide method abstract nya untuk dapat menggunakan fungsi dan method kelas tersebut.

Method-method yang perlu di-overide sbb:

showNotify()

//method yang akan dipanggil ketika user kembali ke applikasi setelah interrupt terjadi

hideNotify()

//method yang akan dipanggil ketika terjadi interruption pada aplikasi

keyPressed()

//method yang akan dipanggil ketika tombol di tekan

keyRepeated()

//method yang akan dipanggil ketika tombol ditekan secara terus menerus

keyReleased()

//method yang akan dipanggil ketika tombol dilepas

pointerPressed()
//method yang akan dipanggil ketika screen disentuh

pointerDragged()
//method yang akan dipanggil ketika screen didrag

pointerReleased()

//method yang akan dipanggil ketika screen tidak disentuh lagi

paint()

//method yang digunakan untuk menggambar graphics.


Tidak ada komentar: