Kelas Kelas yang berhubungan dengan User Input Output Java ME
1. Kelas Display
Kelas ini digunakan untuk menentukan di Aplikasi mana kelas Displayable akan di gambar. Dua method utama yang digunakan untuk menghandle user input output dari kelas ini adalah:
getDisplay(MIDlet m)
setCurrent(Displayable nextDisplayable)
getDisplay(MIDlet m) digunakan untuk mendapatkan kelas midlet yang akan digunakan untuk menggambar kelas Displayable misalnya Canvas.
Sedangkan setCurrent(Displayable nextDisplayable) digunakan untuk menentukan kelas Displayable mana yang akan ditampilkan pada layar.
Kelas Displayable yang paling umum digunakan adalah kelas Canvas.
2. Kelas Canvas
Kelas Canvas merupakan sebuah kelas turunan (inheritance ) dari Kelas Displayable. Kelas canvas digunakan untuk menampilkan method-method yang dipangil pada kelas Graphics misalnya:
drawLine(x, y, x+w, y);
fillRect(x, y, w, h); // 1
drawRect(x, y, w, h); // 2
drawString(String str, int x, int y, int anchor)
drawImage(Image img, int x, int y, int anchor)
Method yang lebih lengkap dapat dilihat di Doc Java ME.
Beberapa method akan dijabarkan dan digunakan pada bab berikut nya,
Kelas Canvas juga merupakan kelas abstract. Kelas Abstract adalah kelas yang memiliki method virtual/ abstract yang akan dibahas pada bab Object Oriented Programming. Kelas ini harus diturunkan pada kelas lain dengan meng-overide method abstract nya untuk dapat menggunakan fungsi dan method kelas tersebut.
Method-method yang perlu di-overide sbb:
showNotify()
//method yang akan dipanggil ketika user kembali ke applikasi setelah interrupt terjadi
hideNotify()
//method yang akan dipanggil ketika terjadi interruption pada aplikasi
keyPressed()
//method yang akan dipanggil ketika tombol di tekan
keyRepeated()
//method yang akan dipanggil ketika tombol ditekan secara terus menerus
keyReleased()
//method yang akan dipanggil ketika tombol dilepas
pointerPressed()
//method yang akan dipanggil ketika screen disentuh
pointerDragged()
//method yang akan dipanggil ketika screen didrag
pointerReleased()
//method yang akan dipanggil ketika screen tidak disentuh lagi
paint()
//method yang digunakan untuk menggambar graphics.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar